Mencari Mekanik

Mekanik yang handal merupakan salah satu kunci sukses usaha bengkel motor, tapi ternyata mencari mekanik yang cocok itu gampang-gampang susah. Berikut beberapa tips untuk mencari mekanik yaitu :

  • Ternyata mencari mekanik sebaiknya dari daerah setempat, karena akan lebih bertahan lama. Mencari mekanik yang berasal dari jauh yang mau merantau sangat sulit, kalaupun ada minta gajinya sangat besar dan biasanya tidak bertahan lama (ingin pulang), tentunya hal ini akan membuat usaha tidak berjalan lancar karena harus ganti-ganti mekanik.
  • Cobalah cari di sekitar barangkali ada mekanik yang sudah buka bengkel tapi tidak punya barang, cobalah ditawari untuk bergabung dengan sistem kerjasama bagi hasil murni (tanpa gaji). Uang jasa bengkel dibagi 75% untuk mekanik dan 25% untuk pemilik. Ada kemungkinan mekanik tersebut mau, karena bisa jadi di tempat lama dia harus bayar sewa tempat, kalau bergabung dia tidak perlu bayar sewa. Kalau di tempat lama dia kehabisan waktu untuk cari barang, kalau bergabung barang2 tersedia.
  • Kalau cara di atas tidak berhasil, cobalah mencari mekanik di tempat-tempat kursus mekanik, SMK otomotif atau dengan cara pasang iklan.
  • Apabila mekanik tidak bersedia sistem bagi hasil murni, maka bisa diberikan gaji Rp 750.000/bulan dan diberikan insetif (bonus) sebesar 50% dari uang jasa bengkel. Uang jasa yang 50% masuk ke pemilik.
  • Jangan pernah menuruti pemintaan mekanik yang minta gaji penuh (full) misalnya Rp 1.500.000/bulan. Dengan sistem ini mekanik tidak terpacu untuk bekerja dengan baik, karena tidak ada insentif/bonus tambahan dari pendapatan uang jasa. Mekanik akan cenderung bekerja seenaknya yang berakibat mengecewakan konsumen.
  • Mekanik juga bisa diberi penghasilan tambahan berupa hasil penjualan limbah (oli bekas, wadah oli bekas, besi-besi bekas rantai, gear, kampas rem, dll.)
  • Kalau memungkinkan, setiap bulan mekanik bisa juga diberi bonus dari penjualan sparepart. Bonus ini tidak berdasarkan prosentase omset penjualan, tapi murni dari kebijaksanaan pemilik.