TIPS USAHA TOKO SPAREPART MOTOR DAN BENGKEL

Kami sering mendengar keluhan dari teman-teman yang sebenarnya tertarik peluang usaha Toko sparepart dan Bengkel Motor tapi tidak berani melangkah karena belum dapat mekanik yang handal.  Bagaimana solusinya ?

Kalau kita jeli mengamati sebenarnya pada usaha tersebut terdapat 2 peluang yaitu usaha toko sparepart motor dan usaha bengkel motor.

Bagi pemilik yang punya hobi dan ketrampilan memperbaiki motor, maka sebaiknya kekuatan usahanya lebih mengutamakan bengkel motor, kalau perlu sampai modifikasi motor, kolter, stel velg, senter body, servis shock breaker, tambal ban dll. Yang memang lebih mengutamakan menjual jasa. Bahkan bisa terima jasa setting (bore up) ngoprek mesin motor kearah racing atau drag atau motor balap. Kalau memang hasilnya kerjanya handal, maka bisa menjual jasa ini ke seluruh Indonesia.

Tapi bagaimana bagi pemilik yang kurang atau tidak mempunyai ketrampilan memperbaiki motor?
Bagi pemilik yang tidak paham memperbaiki motor akan sangat salah apabila lebih mengandalkan usaha bengkel motor, karena berarti nyawa usahanya tergantung orang lain (mekanik). Lebih baik mengutamakan usaha jual sparepart / aksesoris dengan cara mencari tempat belanja yang harganya bersaing bahkan bisa dijual lagi ke toko2/bengkel2 yang lain, sehingga tidak hanya jual ecer (konsumen langsung) tapi juga bisa sebagai grosir.

Walaupun lebih mengutamakan jualan barang (sparepart / variasi) tapi juga perlu disadari bahwa ternyata banyak konsumen yg beli barang sekaligus minta digantikan/dipasangkan .. misalnya ganti oli, ban, kampas rem, bohlam, bearing/laher, aksesoris, dll. Oleh karena itu perlu disediakan peralatan (kompresor, kunci-kunci mekanik) dan ada mekanik / montir yg bisa melayani pemasangan/penggantian barang. Hal ini bertujuan supaya jualan barangnya lancar.

Mencari mekanik yang bisa melakukan penggantian/pemasangan jauh lebih mudah daripada mencari mekanik yang sudah handal. Kita bisa mencari lulusan kursus mekanik, SMK otomotif atau banyak juga anak-anak muda yang belajar sendiri juga bisa.

Nanti sambil jalan kalau ketemu mekanik yang handal, maka usahanya bisa dikembangkan untuk terima tune up, servis motor dan jasa lainnya.

Tags: buka usaha sparepart motor buka usaha toko sparepart motor cara membuka toko sparepart motor cara memulai usaha sparepart motor distributor sparepart motor grosir sparepart motor sparepart motor murah usaha sparepart motor usaha toko sparepart motor

Related Post "TIPS USAHA TOKO SPAREPART MOTOR DAN BENGKEL"

CARA MEMULAI MEMBUKA USAHA ONDERDIL MOTOR SPAREPART
USAHA ONDERDIL MOTOR Membuat usaha sparepart /
CARA MEMULAI MERINTIS USAHA
Sebenarnya cara memulai merintis usaha itu mudah
CARA MENGELOLA USAHA TOKO SPAREPART DAN BENGKEL MOTOR
Sebagai sebuah usaha tentunya kita sebagai pemilik

Comments are closed.