CARA MEMULAI MEMBUKA USAHA ONDERDIL MOTOR SPAREPART

USAHA ONDERDIL MOTOR

Membuat usaha sparepart / onderdil / suku cadang motor sangat prospek karena jumlah sepeda motor yang terus meningkat.  Bagi rekan-rekan pemula yang mau merintis usaha onderdil motor dari awal, ada beberapa kiat / tips yang perlu diperhatikan sejak mendirikan sampai mengelola / manajemen usaha onderdil motor agar sukses yaitu :

PEMILIHAN LOKASI

Lokasi usaha onderdil motor yang strategis adalah yang terletak di jalan raya dan di dekat keramaian (misalnya : perumahan/perkampungan/pasar/pabrik/perkantoran/sekolah, dll.).

Kalau bisa diusahakan lebar muka toko minimal 4 meter, supaya toko terkesan besar dan barang yang dipajang bisa kelihatan dari jalan.  Semakin lebar muka toko semakin baik.

Selain letak dan bentuk bangunan, hal yang juga tidak kalah penting adalah warna toko.  Agar diupayakan kombinasi warna toko yang mencolok dan menarik, sehingga mudah dibedakan dari bangunan-bangunan di sekelilingnya.

PERSIAPAN BELANJA BARANG

Ada 3 hal penting yang berkaitan dengan barang yaitu :

  • Barang yang dipilih hendaknya yang cepat laku menyesuaikan kebutuhan konsumen setempat. Barang-barang tersebut biasanya meliputi aneka macam oli, ban, busi, aki, sparepart, mur baut, variasi/aksesoris yang sedang trend.
  • Barang yg disediakan harus cukup lengkap meliputi semua merek motor (Honda, Yamah, Suzuki), semua tipe motor (bebek, matic, motor laki), semua kelas barang (orisinil/genuine/asli, kelas menengah misalnya Aspira Indopart, maupun sparepart yang harganya lebih murah / after market)
  • Mutu barang harus benar-benar terjamin, jangan sampai mengecewakan konsumen.  Barang-barang yang branded atau merek yang terkenal harus dijamin keaslian mereknya (misalnya aneka macam merek oli, ban IRC, FDR, aki GS Yuasa, Sparepart Honda Genuine, Yamaha Genuine, Suzuki Genuine, Aspira, Indopart, dll.).  Sedangkan sparepart yang harganya lebih murah harus dipilih yang mutunya bisa dipertanggung-jawabkan.  Seleksilah dari banyak merek dan jangan terpaku hanya 1 merek, karena merek tertentu biasanya hanya bagus untuk barang2 tertentu saja.

CARA MENGENAL BARANG DENGAN MUDAH

Karena jumlah onderdil yang dijual sangat banyak, maka harus dicari cara agar barang-barang tersebut bisa dikenali dengan mudah.  Cara yang paling efektif adalah dengan membuatkan KODE BARANG untuk masing-masing item.  Dengan diketahui kodenya, maka akan diketahui nama barang, harga beli, harga jual, dan letaknya.

Cara lainnya adalah dengan barcode scanner, tapi sayangnya tidak semua barang yang beredar sudah ada barcode-nya.

PENATAAN BARANG YANG MENARIK DAN SISTEMATIS

Setelah masing-masing barang diberi kode, lalu harus ditata secara sistematis supaya nanti pada saat ada yang beli, barangnya mudah dicari.  Agar hal ini bisa tercapai, maka harus ada KODE LOKASI.  Setiap lokasi penyimpanan (rak, etalase, dinding, gantungan) harus diberi kode.

PENENTUAN HARGA JUAL YANG BERSAING

Karena perdagangan onderdil / sparepart / suku cadang sepeda motor sudah berlangsung lama, maka tingkat persaingan sudah cukup ketat.  Oleh karena itu sebagai pemula kita harus pandai mengatur strategi harga jual sehingga kita masih bisa bersaing dibanding toko-toko onderdil motor lainnya.

Supaya bisa bersaing, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah Pemilihan Pemasok/Supplier.  Carilah pemasok yang mutu barangnya terjamin dan harganya murah sehingga targetnya tidak hanya bisa dijual langsung ke konsumen tapi juga bisa dijual lagi ke bengkel-bengkel lain secara menguntungkan.

MENGELOLA BARANG DAN KEUANGAN YANG BAIK

Salah satu kunci sukses usaha onderdil motor adalah manajemen barang dan keuangan karena kehilangan barang/uang akan sangat mengurangi keuntungan yang telah dikumpulkan sedikit demi sedikit.

Manajemen usaha onderdil motor bisa dilakukan secara manual atau dengan SOFTWARE.  Karena jumlah barang yang dikelola cukup banyak, maka sistem manual sangat memakan waktu dan tenaga serta resiko kesalahannya cukup besar. Oleh karena sangat disarankan menggunakan software yang secara otomatis akan melakukan penghitungan transaksi barang dan keuangan.

PROMOSI DAN PEMASARAN

Supaya usaha onderdil motor bisa segera dikenal dengan cepat, maka perlu dilakukan cara-cara promosi yang efektif tapi dengan biaya yang terjangkau.  Cara pemasaran bisa dilakukan secara offline maupun online.  Cara offline bisa dengan menyebar brosur atau memasang spanduk.  Cara online bisa dengan memanfaatkan media social seperti facebook, instagram, dll.

JASA PEMASANGAN / BENGKEL

Usaha onderdil motor tidak seperti berjualan barang pada umumnya  yang biasanya orang beli lalu dibawa pulang.  Ternyata banyak konsumen yang beli onderdil motor minta sekalian digantikan/dipasangkan.  Oleh karena itu toko onderdil motor sebaiknya juga menyediakan peralatan (kompresor, kunci2) dan juga mempunya mekanik/montir yang minimal bisa melakukan penggantian/pemasangan barang. Kalau mekanik yang didapat ternyata skill / ketrampilannya bagus, maka usaha onderdil motornya bisa sekalian punya bengkel servis motor.

MANAJEMEN KARYAWAN

Karyawan yang dibutuhkan dalam usaha sparepart / onderdil motor adalah penjaga toko dan mekanik / montir.  Dalam sistem pengupahan harus diupayakan ada gaji dan bonus sesuai pendapatan yang masuk.  Hal ini supaya karyawan juga bersemangat untuk merawat pelanggan dan membantu mencari pelanggan baru, karena kalau ada peningkatan pendapatan maka penghasilan mereka pun juga meningkat.

BIMBINGAN MANAJEMEN

Seperti halnya kalau kita naik gunung perlu cari pemandu supaya tidak tersesat, maka usaha onderdil motor pun sebaiknya juga perlu mendapat bimbingan dari pengusaha yang lebih dulu sukses di bidang tersebut.

Kami manajemen RAJA MURAH MOTOR siap untuk menyuplai barang yang cepat laku  dengan harga bersaing bahkan bisa dijual lagi ke bengkel2 lain secara menguntungkan, kami siap melakukan penataan barang di tempat mitra dan yang paling penting kami pun bersedia memberikan BIMBINGAN MANAJEMEN secara total sampai usaha mitra siap jalan.  TIDAK ADA FRANCHISE FEE .. TIDAK ADA ROYALTY FEE .. 100% KEUNTUNGAN DINIKMATI MITRA.

Silahkan hubungi :

RAJA MURAH MOTOR

Ruko No. 39 didalam Terminal Ungaran

Jl. Raya Ungaran – Gunungpati Km 2

Kab. Semarang

Telp. 081390014065 atau 085799991350

Email : murahmotor@yahoo.com atau rajamurahmotor@gmail.com

Tags: bisnis onderdil motor bisnis sparepart motor cara membuat usaha onderdil motor cara membuat usaha sparepart motor cara membuka usaha onderdil motor cara membuka usaha sparepart motor cara memulai usaha onderdil motor cara memulai usaha sparepart motor peluang usaha onderdil motor peluang usaha sparepart motor usaha onderdil motor usaha sparepart motor

Related Post "CARA MEMULAI MEMBUKA USAHA ONDERDIL MOTOR SPAREPART"

TIPS USAHA TOKO SPAREPART MOTOR DAN BENGKEL
Kami sering mendengar keluhan dari teman-teman yang
CARA MEMULAI MERINTIS USAHA
Sebenarnya cara memulai merintis usaha itu mudah
CARA MENGELOLA USAHA TOKO SPAREPART DAN BENGKEL MOTOR
Sebagai sebuah usaha tentunya kita sebagai pemilik

Comments are closed.